PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN STUDI KASUS DI AMIK CITRA BUANA INDONESIA

Penulis

  • Rio Razab Isdendi
  • Qubaila Fazrin Ega Soraya AMIK Citra Buana Indonesia
  • Munandar Wahyudin AMIK Citra Buana Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53918/jbicbi.v13i1.82

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Blended Learning, Pendidikan Kewarganegaraan, AMIK Citra Buana Indonesia

Abstrak

Penerapan model pembelajaran Blended Learning pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di AMIK CITRA BUANA INDONESIA sudah melalui tahapan prosedur pelaksanaan sesuai dengan standar metode pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan pembelajaran Blended Learning pada peningkatkan minat belajar mahasiswa di mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan serta upaya-upaya mengatasi kenadala-kendala penerapan metode pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning di AMIK CITRA BUANA INDONESIA dilaksanakan dengan cara membagi mahasiswa dalam setiap kelas menjadi dua jurusan program studi masing-masing mahasiswa memiliki jadwal pembelajaran daring dan luring.
Kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran Blended Learning adalah kurangnya pemahaman mahasiswa tentang materi ajar saat berada di rumah, pada saat pembelajaran tatap muka kurangnya waktu belajar. Upaya-upaya mengatasi kendala tersebut yakni dengan melaksanakan diskusi dan menjelaskan kembali materi ajar saat tatap muka dengan membuka LMS Google Classroom dan melaksanakan intruksi pembelajaran sesuai dengan panduan
pengerjaan tugas-tugas pada materi ajar ke dalam aplikasi Learning Management System Google Classroom tersebut, dapat mendorong minat belajar mahasiswa AMIK CITRA BUANA INDONESIA pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dapat mengoptimalkan serta sebagai sarana evaluasi penerapan penerapan model pembelajaran Blended Learning pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di AMIK CITRA BUANA INDONESIA.

Referensi

Metode Penelitian Kualitatif Serta Contohnya - Tambah Pinter. (t.t.). Diambil 15 Maret 2023, dari https://tambahpinter.com/metode-penelitian-kualitatif/Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-Universitas Banten Jaya, J., Marlina, L., Asmawi, M., & Basri, A. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MAHASISWA SEMETER 6 MATA KULIAH PPLK 1 PROGRAM STUDI PPKN. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 4(2), 153–165. https://doi.org/10.47080/PROPATRIA.V4I2.1419

Purmadi, A., Hadi, M. S., & Najwa, L. (2018). Pengembangan Kelas Daring dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 135–140. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5467

Rahayu, H. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PESERTA DIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 3, 1–7.

https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/550

Rahman, D. F. 185010028. (2022). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS ( PTMT ) TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN

KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 1 KALIPUCANG. https://fkip.unpas.ac.id/

Rika Perdana, D., Adha, M. M., & Lampung, U. (2020). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 90–101.

https://doi.org/10.25273/CITIZENSHIP.V8I2.6168

Susilawati, E. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGA-NEGARAAN. EDUTECH, 16(3), 288–304.

https://doi.org/10.17509/E.V16I3.8181

Susilawati, E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF YANG MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR DI SMP PESAT BOGOR. Jurnal Teknodik, 41–54.

https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I0.367

Unduhan

Diterbitkan

15-03-2023